Jumat, 25 Januari 2013

APA ITU PAUD

Terkait dengan komentar di status FB saya pada tanggal 25 Januari 2013:

Commentator 1 (Mrs X )  : PAUD hanya proyek pendidikan, hanya pembodohan masyarakat. masuk SD harus 7 tahun, sounds ridiculous! gak heran, profesor di Indo udah pada tua n mw mati semua... harusnya di hapuskan saja PAUD seperti RSBI 

Tanggapan saya :  



PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan
Dalam UU NO. 20 TAHUN 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, Pasal 1, Butir 14 dinyatakan bahwa ”Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Sedangkan pada pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini dinyatakan bahwa ”(1) Pendidikan Anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, (2) Pendidkan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidkan formal, non formal, dan/atau informal, (3) Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal: TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat, (4) Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan non formal: KB, TPA, atau bentuk lain yang sederajat, (5) Pendidikan usia dini jalur pendidikan informal: pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan, dan (6) Ketentuan mengenai pendidikan anak usia dini sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.”
Landasan keilmuan yang mendasari pentingnya pendidikan anak usia dini  didasarkan kepada beberapa penemuan para ahli tentang tumbuh kembang anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan perkembangan struktur otak. Menurut Wittrock (Clark, 1983), ada tiga wilayah perkembangan otak yang semakin meningkat, yaitu pertumbuhan serabut dendrit, kompleksitas hubungan sinapsis, dan pembagian sel saraf. Peran ketiga wilayah otak tersebut sangat penting untuk pengembangan kapasitas berpikir manusia. Sejalan dengan itu Teyler mengemukakan bahwa pada saat lahir otak manusia berisi sekitar 100 milyar hingga 200 milyar sel saraf. Tiap sel saraf siap berkembang sampai taraf tertinggi dari kapasitas manusia jika mendapat stimulasi yang sesuai dari lingkungan.
 

Jadi sudah jelas bahwa PAUD dan RSBI tidak sama, PAUD memberikan pelayanan terhadap anak usia dini dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya dan bukan proyek pemerintah alias pembodohan terhadap masyarakat.
Kemampuan kognitif, sosial, bahasa, dan motorik anak dikembangkan pada masa-masa ini ( layanan PAUD), sementara anak yang tanpa melalui PAUD dan langsung ke jenjang SD kurang memiliki empat hal yang disebut di atas. Anggapan orang tua zaman dahulu, jika anak sudah bisa menggapai telinganya maka anak tersebut sudah bisa masuk sekolah.   
 
 Masing-masing anak adalah unik. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ini dapat dikembangkan dan diolah secara optimal hanya jika anak tersebut melalui layanan Pendidikan (PAUD) baik secara formal, non formal, dan ataupun informal. 

Commentator 2 (Mr.X) : sy moderat saja. maksudku sy setuju paud tp sy juga setuju dgn komen Indriyani Puzpa bahwa anak2 yg cerdas dan memang mampu tdk perlu dikekang dan mandek tdk masuk SD hanya karena usiax belum cukup 7 tahun... 
 Tanggapan saya : 
Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa PAUD adalah layanan Pendidikan yang diperuntukkan bagi anak usia dini, mulai lahir sampai 6 tahun, dan PAUD bukan pengekangan bagi anak untuk harus usia 7 tahun baru bisa masuk SD.
 
...........paud itu sejenis buah khan???  

Iya,,, PAUD adalah buah pemikiran dari para tokoh dan pemikir tentang anak usia dini sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terhadap pendidikan anak di usia dini yang dikenal pada masa ini pertumbuhan otak anak sangat pesat dan itu hanya sebentar yakni pada usia 6  tahun,,, maka usia ini disebut juga golden ages, yang hanya terjadi sekali dalam hidupnya. Dengan dasar inilah maka berbagai upaya pemerintah, salah satunya adalah layanan PAUD. 

 
 

 

1 komentar:

  1. jangan pernah berhenti belajar untuk mengenal siapa itu Anak Usia Dini...mari kita berbagi info tentang keunikan mereka,,karena setiap anak terlahir dengan potensi masing-masing,,ini harus dioptimalkan hanya pada masa-masa dia berusia 0 - 6 tahun,,, jangan sampai terlambat..

    BalasHapus