Sabtu, 19 Januari 2013

UNESCO ( learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together

pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini
pada hakekatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, maka pendidikan harus dilaksanankan sejak usia dini dalam hal ini melalui Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD).

PAUD adalah Pendidikan yang ditujukan  bagi anak yang berusia 0 - 6 tahun. Semenjak dipublikasikannya hasil riset di bidang neuroscience dan psikologi maka fenomena pentingnya PAUD merupakan keniscayaan. Mengingat potensi kecerdasan yang dimiliki anak pada usia dini ini, maka PAUD menjadi sangat penting. Kecerdasan dasar seseorang terbentuk sejak usia dini yakni rentang usia 0 - 6 tahun, pada usia ini pertumbuhan dan perkembangan otak anak sangat pesat olehnya itu masa-masa ini disebut sebagai the golden ages ( masa emas). 
Andi  & temannya umur 5 tahun
 Kesiapan bersekolah merupakan strategi yang telah terbukti meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial sebuah masyarakat.

Berbagai  studi menunjukkan manfaat dan pengembalian investasi dari kesiapan bersekolah, terkait dengan penurunan biaya pendidikan, peningkatan produktivitas dan pendapatan manusia, dan manfaat bagi masyarakat. Program-program pendidikan dasar : sedikit anak mengulang kelas. Setiap kelas tambahan yang dicapai di sekolah memberikan pendapatan akhir yang lebih tinggi. ( dikutip dari Ringkasan kajian UNESCO tentang PAUD).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar