Kamis, 24 Januari 2013


 MATA KULIAH 
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DALAM PENDIDIKAN

Dr. ROBINSON SITUMORANG
Perumahan Reni Jaya: Jalan  Jawa I Blok O2  No. 15
Pondok Benda Pamulang 15416
Telp. (021) 7433917  HP. 081310117675
                     robinsonsitumorang@yahoo.com
                                                                                                                                
  DESKRIPSI  MATA KULIAH
Matakuliah Tekonologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan merupakan matakuliah penunjang bagi prodi Pendidikan Ilmu Keolaragaan di Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Matakuliah TIK dalam Pendidikan ini akan membahas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan serta penerapannya dalam pendidikan secara umum dan pembelajaran secara khusus. Namun, untuk menyamakan persepsi dan konsep yang melatarbelakanginya, pembahasan akan dimuliai dari pergeseran paradigma dalam pembelajaran, khususnya paradigma baru perguruan tinggi, kemudian sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan, penerapan CBL (Computer Based Learning): penerapan TIK dalam pembelajaran jarak jauh, dan dalam pendidikan anak usia dini.
Untuk mencapai kompetensi matakuliah ini, pada akhir perkuliahan mahasiswa diharuskan mengembangkan produk TIK untuk pembelajaran, khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan pengalaman nyata kepada kepada mahasiswa tentang penerapan TIK dalam pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini memilki komposisi 60 % teori dan 40%  praktek.

  TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti mata kuliah Tekonologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, mahasiswa akan dapat menerapkan TIK dalam pembelajaran, baik yang bersifat off-line maupun on-line.
  ORGANISASI MATERI DAN STRATEGI PERKULIAHAN  


PERT

TUJUAN PEMBELAJARAN


TOPIK ESENSIAL

KEGIATAN


DOSEN

MHS.


1.
Menjelaskan Kontrak Pekuliahan
Kontrak Perkuliahan

v

v



Menjelaskan pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT.
Pergeseran Paradigma Pembelajaran  dan Paradigma Baru PT
v
v


2.

Menjelaskan sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan

Perkembangan TIK dalam Pendidikan

v

3.
Menjelaskan fungsi TIK sebagai media pembe-lajaran dan sebagai sumber belajar.
Fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar.
v
v

4.
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
PenerapanTIK (CBL) dalam Pembelajaran
(off-line).
v
v

5
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
PenerapanTIK (CBL) dalam Pembelajaran
(on-line).
v
v

6
Menerapkan TIK dalam pendidikan Jarak Jauh
Penerapan TIK dalam pendidikan jarak jauh.
v
v

7
Menerapkan TIK dalam PAUD
Penerapan TIK dalam PAUD
v
v

8.
Mengidentifikasi penerapan TIK sebagai kajian  penelitian dalam program studi PAUD
TIK sebagai kajian penelitian program studi PAUD
v
v

9-11.
Mengembangkan pruduk pembelajaran berbasis TIK untuk PAUD
Pengembangan Produk Pembelajaran
PAUD berbasis TIK
-
v

12.
Mempresentasikan hasil pemgembangan produk pembelajaran.
Presentasi
-
v

  DAFTAR TUGAS, HASIL, DAN BOBOT


No.

NAMA TUGAS

JENIS TUGAS

HASIL


BBT
1.
Sejarah Perkembangan TIK
Dalam Pendidikan
Tugas Kelompok

Makala dan bahan presentasi
10

2.
Penerapan TIK dalam Pembelajaran
Tugas Kelompok
Makala dan bahan presentasi
10

3.
Penerapan TIK dalam Pendidikan Jarak Jauh
  Tugas Kelompok
Makala dan bahan presentasi
10
4.
Mengembangkan TIK untuk Pembelajaran
PAUD (berbasis off-line)
Tugas Individu
Setiap mahasiswa membuat media untuk pembelajaran
PAUD
40

5.
Mengembangkan TIK untuk Pembelajaran (berbasis on-line)
Tugas Individu
Setiap mahasiswa membuat “blog” untuk pembelajaran
30


  PENILAIAN

80%      -      100%     =  A
70%      -         79%    =  B
60%      -         69%    =  C
Kurang dari    60%   =  TL
  PUSTAKA

Sells, Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington D.C., AECT.

Cambell, Katy (2004), Effective Writing For E-learning Environmennts. London: Information Science Publisher.

Holmes, Bryn and John Gardner (2006), E-learning: Concepts and Practice. London: UK. Sage Publisher.

Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Smaldino, Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda.   (2007)., Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.

Durri Andriani, dkk.  (2003)., E-learning dalam Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.













  File/ Kontrak TIK untuk Prodi PAUD/2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar