MATA KULIAH
TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
DALAM PENDIDIKAN
Dr. ROBINSON SITUMORANG
Perumahan Reni Jaya: Jalan Jawa I
Blok O2 No. 15
Pondok Benda Pamulang 15416
Telp. (021) 7433917 HP.
081310117675
robinsonsitumorang@yahoo.com
DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah Tekonologi Informasi dan
Komunikasi Dalam Pendidikan merupakan matakuliah penunjang bagi prodi
Pendidikan Ilmu Keolaragaan di Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Matakuliah TIK dalam Pendidikan ini
akan membahas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
serta penerapannya dalam pendidikan secara umum dan pembelajaran secara khusus.
Namun, untuk menyamakan persepsi dan konsep yang melatarbelakanginya,
pembahasan akan dimuliai dari pergeseran paradigma dalam pembelajaran,
khususnya paradigma baru perguruan tinggi, kemudian sejarah perkembangan TIK
dalam pendidikan, penerapan CBL (Computer
Based Learning): penerapan TIK dalam pembelajaran jarak jauh, dan dalam
pendidikan anak usia dini.
Untuk mencapai kompetensi matakuliah
ini, pada akhir perkuliahan mahasiswa diharuskan mengembangkan produk TIK untuk
pembelajaran, khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Semuanya dimaksudkan
untuk memberikan pengalaman nyata kepada kepada mahasiswa tentang penerapan TIK
dalam pendidikan. Oleh karena itu
matakuliah ini memilki komposisi 60 % teori dan 40% praktek.
TUJUAN MATA KULIAH
Setelah
mengikuti mata kuliah Tekonologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan,
mahasiswa akan dapat menerapkan TIK dalam pembelajaran, baik yang bersifat off-line maupun on-line.
ORGANISASI MATERI DAN STRATEGI PERKULIAHAN
PERT
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
TOPIK ESENSIAL
|
KEGIATAN
|
||
DOSEN |
MHS. |
||||
1.
|
Menjelaskan Kontrak Pekuliahan
|
Kontrak Perkuliahan
|
v |
v |
|
Menjelaskan pergeseran paradigma pembelajaran dan
paradigma baru PT.
|
Pergeseran
Paradigma Pembelajaran dan Paradigma
Baru PT
|
v
|
v
|
||
2.
|
Menjelaskan
sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan
|
Perkembangan TIK dalam Pendidikan
|
v
|
||
3.
|
Menjelaskan fungsi TIK sebagai media pembe-lajaran dan
sebagai sumber belajar.
|
Fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber
belajar.
|
v
|
v
|
|
4.
|
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
|
PenerapanTIK (CBL)
dalam Pembelajaran
(off-line).
|
v
|
v
|
|
5
|
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
|
PenerapanTIK (CBL)
dalam Pembelajaran
(on-line).
|
v
|
v
|
|
6
|
Menerapkan TIK
dalam pendidikan Jarak Jauh
|
Penerapan TIK
dalam pendidikan jarak jauh.
|
v
|
v
|
|
7
|
Menerapkan TIK
dalam PAUD
|
Penerapan TIK
dalam PAUD
|
v
|
v
|
|
8.
|
Mengidentifikasi
penerapan TIK sebagai kajian
penelitian dalam program studi PAUD
|
TIK sebagai
kajian penelitian program studi PAUD
|
v
|
v
|
|
9-11.
|
Mengembangkan pruduk pembelajaran berbasis TIK untuk PAUD
|
Pengembangan Produk Pembelajaran
PAUD berbasis TIK
|
-
|
v
|
|
12.
|
Mempresentasikan hasil pemgembangan produk pembelajaran.
|
Presentasi
|
-
|
v
|
DAFTAR TUGAS, HASIL, DAN BOBOT
No.
|
NAMA TUGAS
|
JENIS TUGAS
|
HASIL
|
BBT
|
1.
|
Sejarah Perkembangan TIK
Dalam Pendidikan
|
Tugas Kelompok
|
Makala dan bahan presentasi
|
10
|
2.
|
Penerapan
TIK dalam Pembelajaran
|
Tugas Kelompok
|
Makala dan bahan presentasi
|
10
|
3.
|
Penerapan
TIK dalam Pendidikan Jarak Jauh
|
Tugas Kelompok
|
Makala dan bahan presentasi
|
10
|
4.
|
Mengembangkan TIK untuk Pembelajaran
PAUD (berbasis off-line)
|
Tugas
Individu
|
Setiap mahasiswa membuat media untuk pembelajaran
PAUD
|
40
|
5.
|
Mengembangkan TIK untuk Pembelajaran (berbasis on-line)
|
Tugas
Individu
|
Setiap
mahasiswa membuat “blog” untuk pembelajaran
|
30
|
PENILAIAN
80%
- 100% = A
70% - 79% = B
60% - 69% =
C
Kurang
dari 60% = TL
PUSTAKA
Sells,
Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The
Definition and Domain of the Field. Washington
D.C., AECT.
Cambell,
Katy (2004), Effective Writing For E-learning Environmennts. London: Information
Science Publisher.
Holmes,
Bryn and John Gardner (2006), E-learning: Concepts and Practice. London: UK.
Sage Publisher.
Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak
Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Smaldino,
Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda. (2007)., Instructional Technology and Media
for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.
Durri
Andriani, dkk. (2003)., E-learning
dalam Pendidikan, Jakarta:
Universitas Terbuka.
File/ Kontrak TIK untuk Prodi PAUD/2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar